Pentingnya penguasaan lagu bagi pelatih
Latihan yang efisien
Latihan yang efektif
Wibawa pelatih
Pentingnya penguasaan lagu bagi pemain
Mempermudah menghapal lagu
Mengasah musical skill
Aspek Musikalitas Dalam Membaca Lagu
Ketukan
Menyanyi
Menghayati
Kontak batin pelatih pemain
Ketukan
Menghayati Lagu
Syair
Tempo
Sejarah lagu
Komunikasi dengan pencipta atau pengaransemen lagu
Notasi dalam partitur untuk angklung
Not Balok
Not angka
Aspek-aspek lagu yang harus dikuasai pelatih
Tempo
Dinamika
Ketukan
Mengenal Akor dan harmoni dalam lagu
Akor
Harmoni
1. Dasar-dasar teori musik dan symbol-simbol
2. Staff (notasi balok) ≈ suara n (‘picth’) (notasi angka)
3. Nada dasar (do=c, do=g, ..)
4. Note Values
notasi balok; not penuh, not setengah, not seperempat dst
notasi angka; (diwakili oleh 1 titik per ketuk)
5. Bar, Garis bar, double bar
Time signature (4/4, 2/4, ¾ dst..)
6. Tanda Berhenti
notasi balok; (whole, half, dan quarter rest)
notasi angka; (diwakili oleh 1 angka 0 per ketuk)
7. Tanda ulang
Tanda dua titik sebelum double bar
Dua titik antara dua double bar
First and second ending
8. Tanda Dinamika
pp, p , mp , mf , f , ff (very soft-very loud)
Cressendo (meninggi/ gradually laouder)
Decressendo (merendah/ gradually softer)
9. Tempo (grade of speed)
largo, adagio, andante, moderato, allegro, vivace (very slow-very fast)
Ritardando (gradually slower)
Accelerato (gradually faster)
10. Artikulasi
Staccato ≈ cetok angklung
Aksen (accent) ≈ suara meninggi dengan tekanan
Sforzando ≈ sudden, strong accent
Tenuto ≈ hold for full value
Fermata ≈ hold longer than normal value
11. D.C, D.S., Coda, Fine
D.C. Da Capo; ulang dari awal
D.S. Dal Segno; ulang dari tanda
Coda; an added ending
Fine; the end
Kombinasi
D.C. al fine
D.S. al fine
D.C. al coda
D.S. al coda
12. Enharmonic
Sharp (#), nada dicoret dari kiri bawah ke kanan atas
Flat ( ), nada dicoret dari kanan bawah ke kiri atas
YUSRANI SALMAN AWI